Login
Language
Halo BCA 1500888 tkn 9
Close
Close

Berita

07 December 2018

Berita Hari Ini

Friday, 07 December 2018

16:13 PM - Sumber : news.iqplus.info

PEMERINTAH LAKSANAKAN PENDIDIKAN VOKASI BESAR-BESARAN TAHUN DEPAN

40161317

IQPlus, (07/12) - Pemerintah siap melaksanakan pendidikan vokasi besar-besaran pada tahun depan di seluruh wilayah Indonesia sesuai dengan karakteristik dan prioritas masing-masing daerah.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution di Jakarta, Jumat, mengatakan, saat ini pihaknya tengah menyusun peta jalan (roadmap) pendidikan vokasi yang ditargetkan rampung sebelum akhir tahun ini.

"Pertama kita sedang siapkan roadmap-nya. Kedua, kita perlu memulai dengan beberapa provinsi yang ada. SMK vokasi yang dianggap prioritas di setiap daerahnya. Masing-masing daerah bisa beda misalnya Jatim bisa beda dengan Bali," ujar Darmin saat ditemui awak media di Kantor Menko Perekonomian.

Darmin sendiri tadi mengadakan rapat koordinasi dengan pemerintah daerah dan meminta komitmen dan juga usulan prioritas pengembangan vokasi di daerahnya masing-masing, serta akan melanjutkan pertemuan untuk membahas kurikulum untuk pendidikan vokasi.

"Kita kumpul tadi itu untuk mereka sampaikan komitmen siapkan vokasi yang sesuai dengan standar yang diharapkan. Kedua, mereka usulkan prioritas masing-masing. Ketiga, kita setelah pertemuan tadi akan bicarakan kurikulum dari setiap SMK menurut bidang. Kalau SMK-nya kopi ya kurikulumnya gimana," kata Darmin.

Ia menambahkan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terkait kurikulum untuk pendidikan vokasi agar tidak ada permasalahan terkait berubahnya kurikulum untuk pendidikan vokasi.

"Kita sudah koordinasi dengan kementerian pendidikan, supaya ada NSPK, kisi-kisi kurikulum belajar mengajar. Jadi jangan nanti jadi masalah, belum dibolehkan berubah-ubah kurikulum, nanti repot lagi. Semua harus sejalan," ujar Darmin.

Pemerintah sendiri memang menekankan pentingnya revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau vokasi untuk memenuhi kebutuhan industri dan menyokong perekonomian nasional.(end)

back top