Login
Language
Close
Close

Pengumuman

Mar 2017

Wednesday, 01 March 2017

Surat Edaran PT.Bursa Efek Indonesia terkait Pengawasan Transaksi Waran

SURAT EDARAN

SE-0001 / BEI / 03-2017

 

Perihal : Pengawasan terhadap Perdagangan Bursa.

Dengan hormat ,

Menunjuk ketentuan II.10 dan II.11.Peraturan Nomor II – A tentang Perdagangan Efek Bersifat Ekuitas ( Lampiran Keputusan Direksi PT Bursa Efek Indonesia Nomor Kep-00113/BEI/12-2016 tanggal 3 Januari 2017),maka dengan ini kami sampaikan hal hal sebagai berikut :

  1. Bursa menyampaikan pemberitahuan tertulis melalui sarana elektronik kepada Anggota Bursa Efek yang memasukkan penawaran jual atau permintaan beli Waran pada harga yang sama atau lebih tinggi dari harga saham induknya ke JATS.Hal ini dimaksudkan agar Anggota Bursa Efek mempertimbangkan kewajaran harga dari penawaran jual atau permintaan beli Waran tersebut.

  2. Apabila setelah disampaikan pemberitahuan tertulis oleh Bursa sebagaimana dimaksud angka 1 diatas,terjadi Transaksi Bursa atas Waran pada harga yang sama atau lebih tinggi dari harga saham induknya maka Bursa dapat mengeluarkan Pengumuman Unsual Market Activity ( UMA ) selambat – lambatnya pada sesi perdagangan berikutnya.

  3. Apabila setelah Bursa mengeluarkan Pengumuman UMA tetap terjadi Transaksi Bursa atas Waran pada harga yang sama atau lebih tinggi dari harga saham induknya, maka Bursa dapat mempertimbangkan untuk melakukan penghentian sementara perdagangan Waran tersebut dengan ketentuan sebagai berikut :

  • Dalam hal transaksi Waran terjadi pada perdagangan sesi I ,maka Bursa akan melakukan penghentian sementara perdagangan atas Waran tersebut pada perdagangan sesi II

  • Dalam hal transaksi Waran terjadi pada perdagangan sesi II ,maka Bursa akan melakukan penghentian sementara perdagangan atas Waran tersebut pada perdagangan sesi I Hari Bursa berikutnya.

  • Penghentian sementara perdagangan Waran sebagaimana dimaksud angka 3 diatas berlaku selama 1 (satu) sesi perdagangan untuk memberikan waktu yang cukup bagi para pelaku pasar guna mempertimbangkan kembali keputusan investasi atas Waran tersebut.

  • Bursa mengumumkan penghentian sementara perdagangan Waran sebagaimana dimaksud angka 3 diatas melalui Pengumuman Bursa.

 

Dengan diberlakukannya Surat Edaran ini ,maka Surat Edaran PT.Bursa Efek Indonesia Nomor SE-00003/BEI.PSH/04-2011 tanggal 26 April 2011 perihal Pengawasan Perdagangan Waran di Bursa dinyatakan tidak berlaku.

Surat Edaran ini efektif diberlakukan sejak tanggal 1 Maret 2017.

back top