Login
Language
Close
Close

Berita

23 February 2018

Berita Hari Ini

Friday, 23 February 2018

17:00 PM - Sumber : news.iqplus.info

KADIN: BAUXITE CLUB AKAN DIBENTUK

53170002

IQPlus, (23/02) - Wakil ketua Umum Kadin Bidang Perindustrian Johnny Darmawan mengatakan dengan akan dibentuknya Bauxite Club yang membuka peluang kerja sama dan pertukaran teknologi antar negara-negara anggota akan semakin terbuka.

Menurut dia, berhasil hilirisasi mineral tambang ditandai dengan terserapnya produk smelter dalam negeri oleh industri hilir berbasis mineral logam, contohnya industri logam dasar.

Para pelaku usaha Indonesia mendorong adanya konsistensi keberpihakan kebijakan untuk pengembangan hilirisasi mineral tambang dan pengembangan industri logam, berdarah informasi tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Jumat.

"Tanpa adanya industri manufaktur berbasis mineral logam, maka hilirisasi mineral tambang tetap tidak akan memberikan nilai tambah yang tinggi," kata dia.

Rencana dilaksanakannya forum dialog antar negara-negara kaya mineral khususnya komoditas bauksit melalui Bauxite Club, dinilai akan semakin membuka peluang usaha dan kerja sama di bidang infrastruktur pertambangan antarnegara anggota.

Ketua Kelompok Kerja Pembiayaan, Infrastruktur dan Logistik Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Sony B Harsono mengungkapkan, pembentukan Bauxite Club merupakan inisiatif dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan agar meningkatkan kerja sama pertambangan negara- negara di kawasan Asia Afrika. (end)

back top