Login
Language
Halo BCA 1500888 tkn 9
Close
Close

Berita

08 April 2021

Berita Hari Ini

Thursday, 08 April 2021

9:53 AM - Sumber : news.iqplus.info

AS GANDENG IMF BERI BANTUAN BAGI NEGARA PALING TERPUKUL PANDEMI COVID-19

97095212

IQPlus, (8/4) - Departemen Keuangan Amerika Serikat (AS) bekerja sama dengan Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) untuk membantu memberikan bantuan mata uang hingga USD650 miliar ke negara-negara yang paling terpukul oleh pandemi covid-19.

Mengutip CNBC International, Kamis, 8 April 2021, Departemen Keuangan AS mengumumkan pihaknya membantu IMF dengan menyediakan USD650 miliar dalam Hak Penarikan Khusus atau Special Drawing Rights (SDR) yang akan membantu membangun penyangga cadangan, memperlancar penyesuaian, dan mengurangi risiko stagnasi ekonomi di pertumbuhan ekonomi global.

SDR adalah aset cadangan yang dapat digunakan negara untuk menambah aset valuta asing mereka, seperti emas dan dolar AS. Pengumuman Departemen Keuangan menunjukkan bahwa alokasi SDR berada dalam tingkat yang diizinkan oleh departemen untuk dialokasikan tanpa persetujuan Kongres.

Menteri Keuangan Janet Yellen dan Senator John Kennedy baru-baru ini bertukar pikiran tentang masalah SDR selama audiensi publik. Pada dasarnya, perjanjian tersebut akan memungkinkan negara-negara untuk menukar SDR mereka dengan dolar AS.

Permintaan global untuk mata uang Amerika telah menjadi masalah yang berulang selama pandemi dan mengakibatkan Federal Reserve juga terlibat dalam program pertukaran dolar yang kuat di seluruh dunia.

Departemen Keuangan AS akan menukar SDR dengan dolar yang disimpan di Exchange Stabilization Fund. Hal itu pada gilirannya akan mengharuskan pemerintah untuk meminjam lebih banyak uang dan menimbulkan beberapa kerugian, yaitu perbedaan antara bunga pada SDR dan tingkat treasury.

"Biaya implisit potensial ini jauh lebih rendah daripada manfaat pemulihan global yang kuat," kata Departemen Keuangan AS.

"Mengatasi kebutuhan global jangka panjang terkait aset cadangan akan membantu mendukung pemulihan global dari krisis covid-19. Pemulihan global yang kuat juga akan meningkatkan permintaan untuk ekspor barang dan jasa AS .menciptakan lapangan kerja AS dan mendukung perusahaan AS," tambah pernyataan Departemen Keuangan AS.

Selama sidang Senat yang diamanatkan tentang bagaimana uang bantuan covid dihabiskan di AS, Kennedy menantang Yellen tentang alokasi SDR, dengan mengatakan itu akan mahal bagi pembayar pajak Amerika, sementara hanya sebagian kecil dari manfaat yang akan masuk ke negara-negara miskin.

Dia mengatakan Tiongkok dan Rusia juga akan memiliki akses ke SDR dan biaya pinjaman ke AS dapat mencapai USD180 miliar, tetapi berdasarkan alokasi USD1 triliun dalam SDR. Namun, Yellen mengatakan perbedaan antara apa yang harus dibayar AS untuk meminjam uang dan bunga yang diterimanya pada SDR tidak mahal. (end/ba)

back top