Login
Language
Halo BCA 1500888 tkn 9
Close
Close

Berita

11 July 2019

Berita Hari Ini

Thursday, 11 July 2019

16:55 PM - Sumber : news.iqplus.info

JADI COUNTRY OF HONOR CAEXPO 2019, RI SIAP TINGKATKAN KERJASAMA

91164741

IQPlus, (11/07) - Indonesia akan menjadi Country of Honor di pameran China-ASEAN Expo (CAEXPO) ke-16 yang akan berlangsung pada 20.23 September di The Nanning International Convention and Exhibition Center, Nanning, China. Pemberian kehormatan sebagai Country of Honor ini memberikan optimisme peluang peningkatan kerja sama dagang dan investasi dengan China dan negara ASEAN lainnya.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Marolop Nainggolan pada konferensi pers "The 16th CAEXPO Country of Honor: Indonesia" di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis.

"CAEXPO merupakan platform penting untuk mempromosikan perdagangan dan investasi Indonesia. Sebagai Country of Honor, kita dapat menggelar forum khusus Indonesia dengan negara lain. Kita juga akan lebih diistimewakan karena menjadi fokus perhatian dalam pameran yang tentu saja mendatangkan kesempatan besar bagi Indonesia," ujar Marolop.

Marolop melanjutkan, Indonesia akan memiliki kesempatan lebih besar mengeksplorasi kerja sama dengan negara anggota pameran. Indonesia juga akan mendapatkan fasilitas untuk menggelar forum bisnis yang sifatnya bisnis ke bisnis (B to B) dengan negara anggota China Asean Free Trade Agreement (CAFTA) maupun negara lain non-CAFTA. Hal ini diharapkan dapat memperluas peluang yang sudah ada serta meningkatkan penetrasi pasar baru.

Total perdagangan Indonesia-China periode 2018 tercatat sebesar USD$ 72,67 miliar atau naik 23,48 persen dari total perdagangan 2017 yang sebesar US$ 58,84 miliar. Adapun total perdagangan Indonesia-China pada periode Januari.April 2019 telah mencapai USD$ 22,4 miliar.

CAEXPO merupakan salah satu pameran yang rutin diikuti Indonesia guna memperkuat akses pasar dan menjalin kerja sama perdagangan dengan China. (end)

back top