Login
Language
Halo BCA 1500888 tkn 9
Close
Close

Berita

08 November 2018

Thursday, 08 November 2018

16:34 PM - Sumber : news.iqplus.info

TREN KENAIKAN HARGA BATU BARA DIPERKIRAKAN BERLANJUT

11163143

IQPlus, (08/11) - Tren kenaikan harga batu bara diperkirakan terus berlanjut hingga akhir tahun sehingga para eksportir diharapkan dapat memanfaatkan momentum ini untuk membantu peningkatan devisa negara.

Analis Fungsi Koordinasi dan Komisi Kebijakan Bank Indonesia(BI) Kantor Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Rendra Prasetya Kiswono di Solo, Jawa Tengah, mengatakan, harga batu bara naik karena peningkatan permintaan pasar dunia seiring dengan tibanya musim dingin di daratan China.

Negeri Tirai bambu itu membutuhkan pasokan batu bara yang cukup banyak untuk menghidupkan enam pembangkit listrik dalam rangka menghadapi suhu udara di bawah nol derajat Celsius.

"Harga batu bara sedang bagus-bagusnya saat ini, ya sebaiknya momen ini dipakai untuk meningkatkan volume ekspor," kata dia dalam acara "Capacity Building" wartawan ekonomi Sumsel yang diselenggarakan Bank Indonesia.

Peningkatan volume permintaan yang tinggi tahun ini, khususnya di Asia, menjadi biang keladi lonjakan harga komoditas sumber energi utama dunia ini.

Padahal batu bara sempat dikhawatirkan sudah tidak akan populer lagi, mengingat sifatnya yang tidak ramah lingkungan.

Satu hal menarik lainnya, empat importir utama di Benua Kuning meningkatkan permintaan batu baranya secara bersamaan pada tahun ini. Hal ini tidak biasanya terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.(end/ant)

back top