Login
Language
Halo BCA 1500888 tkn 9
Close
Close

Berita

13 March 2018

Berita Hari Ini

Tuesday, 13 March 2018

16:41 PM - Sumber : news.iqplus.info

PEMERINTAH DIMINTA BELAJAR PERTAMBAKAN UDANG DARI VIETNAM

71164037

IQplus, (13/03) - Perhimpunan Petambak dan Pengusaha Udang Wilayah (P3UW) Lampung dan Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (Kiara) meminta pemerintah untuk mau belajar perihal pertambakan udang dari Vietnam.

Ketua P3UW Lampung Nafian Faiz dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa, mengemukakan bahwa pemerintah Vietnam terlibat aktif dalam membangun infrastruktur dasar dalam sistem budidaya udang.

"Kami banyak belajar mengenai pentingnya intervensi negara dalam membangun dan memperkuat budidaya udang di Vietnam, khususnya di tambak udang Provinsi Ca Mau, Vietnam," kata Nafian Faiz.

P3UW Lampung bersama-sama dengan Kiara dan Persaudaraan Perempuan Nelayan Indonesia telah melakukan kunjungan ke Provinsi Ca Mau, Vietnam, 5-7 Maret 2018, guna bertukar pengetahuan dan pengalaman antara petambak Indonesia dan Vietnam.

Nafian menyatakan setidaknya ada beberapa hal penting yang dicatat terkait tambak udang di Vietnam, antara lain adanya pembangunan jalan utama yang menghubungkan kawasan pertambakan udang dengan kota-kota utama sehingga mempermudah jalur distribusi pasca panen.

"Jalan distribusi yang menghubungkan pusat kota Provinsi Ca Mau ke kawasan pertambakan udang sepanjang 40 kilometer lebih sangat bagus dan tak ada lubang satu pun. Inilah yang tidak kami temukan di Indonesia, khususnya provinsi Lampung. Padahal, potensi perekonomian di tambak udang Dipasena akan berkontribusi besar bagi perekonomian nasional jika jalur distribusi dibangun oleh pemerintah," ujarnya.(end)

back top