Login
Language
Halo BCA 1500888 tkn 9
Close
Close

Berita

23 September 2022

Berita Hari Ini

Friday, 23 September 2022

16:44 PM - Sumber : news.iqplus.info

ARAB SAUDI PASTIKAN SEGERA MULAI NEGOSIASI CEPA DENGAN INDONESIA

65164304

IQPlus, (23/9) - Pemerintah Arab Saudi memastikan negosiasi perjanjian kerja sama ekonomi komprehensif (CEPA) dengan Indonesia segera dimulai dalam beberapa minggu ke depan.

Menteri Perdagangan Arab Saudi Majid bin Abdullah Al-Qasabi saat ditemui di sela-sela kegiatannya menghadiri acara G20 di Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat, menyampaikan pihaknya segera berkoordinasi dengan Dewan Gulf Cooperation Council (GCC) terkait negosiasi itu sekembalinya dari Indonesia.

"Kami akan memulai perundingan (CEPA) dalam beberapa minggu ke depan," kata Majid bin Abdullah Al-Qasabi.

Majid menjelaskan telah bertemu dengan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Zulkifli Hasan di Nusa Dua, Kamis (22/9), dan keduanya sepakat mempercepat dimulainya perundingan CEPA yang mandek sejak diusulkan pada 2018.

"Kami sepakat untuk mulai berunding di bawah kerangka GCC. Kami yakin dua negara bakal menemukan solusi yang dapat diterima dua belah pihak, karena kerja sama (ekonomi komprehensif, red.) ini bukan opsional, tetapi ini adalah keharusan," kata Menteri Perdagangan Arab Saudi.

Ia menyebut sejauh ini Arab Saudi telah membentuk tim untuk mempersiapkan perundingan CEPA, dan dua negara juga telah menyepakati tim penghubung (liaison officer) terkait negosiasi tersebut.

Ia menyampaikan berbagai cara bakal ditempuh untuk memperkuat hubungan dagang antara Indonesia dan Arab Saudi sebagaimana instruksi yang diberikan kepadanya dari Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud dan Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman.

"Saya menerima instruksi dari Raja Salman dan Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman untuk memperkuat hubungan dagang dua negara dan menjajaki berbagai peluang yang ada untuk meningkatkan hubungan ekonomi dua negara," kata dia. (end/ant)

back top