Login
Language
Halo BCA 1500888 tkn 9
Close
Close

Berita

16 September 2020

Berita Hari Ini

Wednesday, 16 September 2020

14:05 PM - Sumber : news.iqplus.info

2025, STANCHART : MAYORITAS KONSUMEN INGIN INDONESIA JADI NONTUNAI

59140142

IQPlus, (16/09) - Survei global terbaru dari Standard Chartered menunjukkan covid-19 telah membuat konsumen berbelanja secara lebih nontunai, berhati-hati, dan lebih teliti. Hampir 75 persen responden survei di Indonesia dan dua pertiga di seluruh dunia setuju bahwa covid-19 telah membuat mereka lebih positif tentang belanja daring.

Akan tetapi mereka juga lebih berhati-hati dengan pengeluaran mereka dan menginginkan cara baru untuk melacak uang mereka secara digital. Studi ini dilakukan terhadap 12.000 orang dewasa di 12 negara yakni Hong Kong, India, Indonesia, Kenya, China Daratan, Malaysia, Pakistan, Singapura, Taiwan, Uni Emirat Arab Inggris, dan AS.

Studi ini yang kedua dari rangkaian tiga bagian, untuk melihat bagaimana covid-19 mengubah hidup konsumen, dan perubahan apa yang akan tetap ada setelah pandemi. Survei pertama berfokus pada dampak pandemi terhadap pendapatan, survei kedua menawarkan wawasan baru tentang bagaimana krisis kesehatan global ini mengubah kebiasaan belanja konsumen.

CEO Standard Chartered Bank Indonesia Andrew Chia mengungkapkan kondisi ini adalah kabar baik bagi usaha kecil dan mereka yang memproduksi barang-barang buatan lokal, terutama yang membuat dan menjual produk yang diproduksi secara berkelanjutan. Perubahan ini diharapkan sejalan dengan program Bangga Buatan Indonesia (BBI) dari pemerintah Indonesia.

"Yang mendorong belanja produk dalam negeri, khususnya dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), sebagai cara mendongkrak belanja domestik yang adalah penyumbang signifikan bagi PDB Indonesia," kata Andrew, seperti dikutip Rabu, 16 September 2020.

Di Indonesia, preferensi konsumen berbelanja daring meningkat 16 persen (dari 40 persen sebelum pandemi menjadi 56 persen pada saat pandemi). Ini juga mencerminkan tren global, dengan sepertiga total responden memilih belanja daring sebelum pandemi dan kini hampir setengah (48 persen) lebih memilih metode tersebut untuk pembelian di masa mendatang.

Peningkatan preferensi untuk pembayaran daring ini berlaku untuk berbagai pembelian, dari bahan makanan dan perjalanan hingga perangkat digital. Hasilnya, 80 persen orang di Indonesia (dan 64 persen secara global) sekarang mengharapkan Indonesia sepenuhnya menjadi nontunai, dengan sebagian besar masyarakat mengharapkan transisi ini terjadi pada 2025.

Konsumen di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, sekarang juga menghabiskan lebih banyak uang untuk kebutuhan dasar -seperti bahan makanan dan perawatan kesehatan- serta perangkat digital dibandingkan dengan apa yang mereka belanjakan sebelum pandemi, dan mereka melihat peningkatan ini terus berlanjut di masa mendatang. (end/ba)Konsumen di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, sekarang juga menghabiskan lebih banyak uang untuk kebutuhan dasar -seperti bahan makanan dan perawatan kesehatan- serta perangkat digital dibandingkan dengan apa yang mereka belanjakan sebelum pandemi, dan mereka melihat peningkatan ini terus berlanjut di masa mendatang. (end/ba)

back top