Login
Language
Halo BCA 1500888 tkn 9
Close
Close

Berita

14 January 2020

Berita Hari Ini

Tuesday, 14 January 2020

16:55 PM - Sumber : news.iqplus.info

PEMERINTAH DORONG PERTAMBAHAN PARTISIPASI PEMBAYAR PAJAK VIA OMNIBUS LAW

13164107

IQPlus, (14/01) - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara menyampaikan pemerintah akan meneruskan aturan dan kebijakan perpajakan yang lebih baik lagi sehingga berdampak terhadap bertambahnya partisipasi pembayar pajak untuk memenuhi kewajiban perpajakannya. Salah satu cara yang akan ditempuh yakni melalui Omnibus Law.

"Dalam Omnibus Law Perpajakan, kita akan mendesain peraturan perpajakan yang akan mendukung pertumbuhan ekonomi, dan kita akan mengurangi tarif pajak penghasilan badan," ujar Suahasil, seperti dikutip Selasa.

Omnibus Law Perpajakan yang akan dibahas di antaranya berisi aturan mengenai sistem teritorial untuk pendapatan luar negeri, aturan mengenai pajak dalam transaksi digital, aturan mengenai kredensial kredit pajak, aturan penghapusan pajak deviden, aturan mengenai rasionalisasi pajak daerah, serta aturan sanksi bagi pelanggar administrasi perpajakan.

Dengan Omnibus Law Perpajakan, Suahasil meyakini, hal ini akan berpengaruh baik bagi iklim perpajakan di Indonesia, meningkatkan partisipasi pembayar pajak, maupun imbasnya akan berpengaruh juga pada perekonomian Indonesia menjadi lebih baik di 2020 ini.

"Karena di Indonesia adalah negara yang memiliki tax rasio 11%, maka kita harus membayar pajak. Jika kita tidak membayar pajak, itu akan mengganggu pada program pembangunan infrastruktur, program pengentasan kemiskinan, program investasi pembangunan sumber daya manusia dan program-program prioritas pemerintah lainnya," pungkasnya. (end/ba)

back top