BCA Sekuritas
    langen
    Daily News

    TELKOMSEL PERKENALKAN TEKNOLOGI PERCAKAPAN DIGITAL SAVIA UNTUK BISNIS

    Published On

    22 August 2025

    23327842

    IQPlus, (22/8) - Telkomsel resmi memperkenalkan teknologi solusi percakapan cerdas yang membantu bisnis menjangkau pelanggan secara aman dan efisien, dengan nama SAVIA.

    "Dengan kemampuan skalabilitas tinggi untuk menangani interaksi pelanggan dalam volume besar, sekaligus mendorong produktivitas dan hasil yang terukur di berbagai industri," kata GM Enterprise Services Management Telkomsel Deborah Sofiana di sela-sela acara Solution Day 2025, di Jakarta, Kamis.

    Adapun SAVIA yang merupakan singkatan dari Smart AI Voice Interactive Assistant, Deborah sebut sebagai solusi voicebot bertenaga kecerdasan buatan (AI) untuk mengotomasi interaksi rutin pelanggan dan memberikan dukungan secara real-time kepada agen.

    "Selain itu, menghadirkan layanan personal seperti manusia, misalnya terkait kasus penggunaan (use case) seperti penagihan, telemarketing, dan pengingat pembayaran. Semuanya sembari meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi biaya," ujar dia.

    Lebih lanjut, SAVIA memiliki sejumlah fitur unggulan seperti pengenalan ucapan otomatis (automatic speech recognition), generative AI, suara ke teks dan synthesizer suara (voice to text and voice synthesizer), hingga komunikasi dua arah melalui panggilan (two-ways communication via call).

    "SAVIA use case-nya sangat banyak dimulai dari collection, telemarketing, dan juga payment reminder. Sehingga pain point dari scalability, capacity, and low performance of technology dapat teratasi dan dapat meningkatkan operational efficiency dan juga mengurangi cost dari enterprise," kata Deborah.(end/ant)