BCA Sekuritas
    langid
    Berita Harian

    TELKOMGROUP KERAHKAN 13.700 PERSONEL JAGA LAYANAN SAAT NATARU

    Terbit Pada

    17 December 2025

    Saham Terkait

    Terakhir diperbarui: 16-12-2025, 09:20:am

    35049412

    IQPlus, (17/12) - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk memastikan kesiapan infrastruktur digital tetap andal di seluruh wilayah Indonesia di momen perayaan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (NATARU 2025/2026).

    Untuk itu, Direktur Utama Telkom Indonesia Dian Siswarini melakukan peninjauan langsung kesiapan infrastruktur dan layanan ke Posko TelkomGroup Siaga NATARU 2025/2026 yang bertempat di wilayah Telkom Regional III, Malang, pada Senin (15/12/2025).

    Kunjungan dilakukan bersama Komisaris Independen Ira Noviarti dan Direktur Human Capital Management Willy Saelan.

    Pantauan dilaksanakan secara hybrid yang terhubung ke Command Center Telkom Integrated Operation Center (TIOC) dan seluruh posko nasional dan regional.

    Dalam mengantisipasi peningkatan aktivitas digital masyarakat, TelkomGroup melakukan penyiapan secara terintegrasi yang mencakup aspek teknis jaringan dan kesiapan personel operasional.

    Dalam rangka memastikan kelancaran layanan, TelkomGroup menyiapkan infrastruktur dan IT Tools yang beroperasi secara redundant.

    Didukung 14 infrastruktur kabel laut domestik serta jalur trafik internasional melalui dua gateway di Batam dan Manado dengan total kapasitas hingga 23,2 Tbps, TelkomGroup memastikan keandalan jaringan tetap terjaga selama periode dengan intensitas penggunaan tinggi.

    Selain itu, penguatan jaringan akses juga dilakukan melalui optimalisasi lebih dari 4.000 BTS 5G Telkomsel yang tersebar di 56 kota di Indonesia.

    TelkomGroup juga memperkuat pengamanan infrastruktur dan layanan telekomunikasi di 437 Point of Interest (POI) Mobile.

    Ini mencakup tempat wisata, pusat perbelanjaan, jalur mudik, transportasi publik seperti rest area, bandara, pelabuhan, dan stasiun, kawasan permukiman, serta fasilitas rumah ibadah.

    Sementara itu, bagi segmen enterprise, TelkomGroup memastikan konektivitas digital tetap stabil di tengah arus mudik NATARU melalui penguatan 1.665 POI untuk mendukung layanan publik.

    Keseluruhan aktivitas pengawalan infrastruktur dan layanan digital TelkomGroup dimonitor secara terpusat melalui 22 Posko Siaga NATARU 2025/2026 yang terdiri dari 9 posko utama dan 13 posko anak perusahaan.

    Seluruh posko TelkomGroup beroperasi hingga 6 Januari 2026, didukung oleh sebanyak 13.700 personel yang bertugas secara bergantian selama 24/7.

    Kegiatan operasional posko dilengkapi dengan sistem smart command center yang digunakan untuk memonitor layanan dan infrastruktur secara rutin.

    Selain memastikan kesiapan jaringan, TelkomGroup menghadirkan beragam program dan penawaran khusus bagi pelanggan, baik segmen retail untuk pelanggan Telkomsel maupun bagi pelanggan Telkom Solution dan Indibiz pada segmen korporasi, enterprise, dan UMKM. (end)