BCA Sekuritas
    langid
    Berita Harian

    TELKOM LUNCURKAN ADXELERATE, PLATFORM IKLAN DIGITAL BERBASIS DATA TELCO

    Terbit Pada

    08 October 2025

    1759896649181327

    IQPlus, (8/10) - Pertumbuhan ekonomi digital Indonesia yang kian pesat terus membuka peluang baru bagi berbagai sektor, termasuk industri periklanan digital.

    Sebagai motor penggerak bisnis di era digital, sektor ini kini menghadapi tantangan besar: menjangkau audiens yang tepat sasaran namun tetap efisien.

    Melihat kebutuhan tersebut, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bersama anak usahanya, PT Metra Digital Media (MDMedia), memperkenalkan AdXelerate . platform programmatic advertising berbasis data telco terbesar di Tanah Air.

    AdXelerate merupakan hasil kolaborasi strategis antara MDMedia, Telkomsel, dan sejumlah mitra penyedia data serta marketing technology.

    Layanan ini membawa napas baru bagi dunia periklanan digital Indonesia dengan menghadirkan solusi yang lebih relevan, efisien, dan tepat sasaran bagi para pengiklan.

    Melalui AdXelerate, pelaku usaha dapat menampilkan produk mereka di berbagai portal berita nasional, menjangkau lebih dari 150 juta konsumen resmi Telkomsel.

    Berbeda dari platform iklan digital lainnya, AdXelerate mengandalkan teknologi big data analytics yang dirancang khusus untuk meningkatkan efisiensi tayangan iklan.

    Dengan memanfaatkan beragam first-party data, sistem ini mampu menargetkan audiens secara lebih akurat dan menyeluruh, sehingga promosi produk dapat menjangkau target pasar yang spesifik dan sesuai dengan kebutuhan bisnis.

    Direktur Strategic Business Development and Portfolio Telkom, Seno Soemadji, menegaskan, .AdXelerate tidak hanya memberikan solusi periklanan digital yang inovatif dan efisien, tetapi juga sebagai langkah strategis perusahaan dalam membangun fondasi ekonomi digital Indonesia yang berdaya saing global.

    "Dengan pemanfaatan teknologi terkini dan dukungan berbagai mitra strategis, platform ini mampu menciptakan peluang pertumbuhan bagi para pelaku usaha di Indonesia".

    Senada dengan itu, Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Veranita Yosephine, menjelaskan bahwa seluruh ekosistem solusi digital yang dihadirkan Telkom Solution selalu dirancang untuk menjawab kebutuhan pelaku usaha nasional.

    "Kehadiran Adxelerate powered by Telkom Solution ini menjadi kabar baik bagi para pelaku industri dalam menjawab tantangan bisnis," ujarnya.

    Direktur Utama MDMedia, Arif Prabowo, menambahkan bahwa AdXelerate dirancang untuk membantu pengiklan menjangkau target audience dengan lebih presisi.

    "Adxelerate merupakan programmatic ads berbasis data Telkomsel yang memiliki pelanggan lebih dari 150 juta. Platform ini juga sudah memperhatikan kepatuhan terhadap undang-undang pelindungan data pribadi, sehingga menjaga keseimbangan antara efektivitas pemasaran dan perlindungan hak privasi pelanggan. AdXelerate terbuka untuk bermitra dan berkolaborasi dengan first-party data lainnya untuk memberikan nilai lebih pada pemilik brand," jelasnya. (end)