BCA Sekuritas
    langen
    Daily News

    PEMKAB BENGKALIS RESMIKAN LAYANAN PANGGILAN DARURAT 112 DIDUKUNG JAST

    Published On

    20 October 2025

    29254766

    IQPlus, (20/10) - Pemerintah Kabupaten Bengkalis resmi meluncurkan LayananPanggilan Darurat 112, sebuah kanal komunikasi terpadu untuk menanggapi kondisi daruratmasyarakat secara cepat dan responsif. Layanan ini berjalan berkat dukungan teknologi dari PTJasnita Telekomindo Tbk (.JAST.) penyedia solusi komunikasi digital berbasis cloud bagi sektorpublik dan swasta.

    Dalam siaran pers JAST (20/10) nomor tunggal layanan panggilan darurat 112 menjadi pusat penanganan semua situasi daruratdi wilayah Bengkalis.mulai dari kebakaran, kecelakaan, bencana alam, gangguan keamanan,hingga keadaan medis darurat. Dengan layanan ini, masyarakat cukup menghubungi 112 secaragratis untuk langsung terhubung dengan petugas dari instansi terkait seperti BPBD, Dinas Kesehatan, Satpol PP, Damkar, dan kepolisian.

    Sebagai platform Cloud Contact Center yang dikembangkan oleh JAST, JasCall memberikan keunggulan berupa:

    - Ketersediaan 24/7 dengan sistem berbasis cloud yang andal dan fleksibel,

    - Integrasi multi-instansi untuk mempercepat koordinasi lintas lembaga,

    - Dashboard monitoring real-time untuk pelaporan dan analisis kinerja layanan, serta

    - Kemampuan rekam data dan jejak panggilan guna evaluasi layanan publik.

    "Kehadiran layanan ini merupakan wujud nyata penerapan Smart City dan Sistem PemerintahanBerbasis Elektronik (SPBE) di Kabupaten Bengkalis. Masyarakat kini memiliki akses komunikasidarurat yang cepat, tepat, dan terpadu," ujar Andris Wasono, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat yang mewakili Bupati Bengkalis saat peluncuran di Aula Kantor Bupati Bengkalis.

    Sebagai mitra teknologi JAST menyediakan infrastruktur Contact Center berbasis

    Cloud (JasCall)

    yang menjadi tulang punggung operasional layanan 112. Sistem ini memungkinkan

    pengelolaan

    panggilan secara real-time, integrasi dengan berbagai Organisasi Perangkat

    Daerah (OPD), serta

    pelaporan insiden secara digital.

    JAST bangga dapat berkontribusi dalam mendukung Pemkab Bengkalis mewujudkan

    layanan

    publik yang tanggap darurat dan berorientasi pada keselamatan masyarakat.

    Melalui solusi

    JasCall, seluruh komunikasi antarinstansi kini dapat berjalan lebih cepat dan

    efisien.

    Sebelum peluncuran resmi, layanan ini telah menjalani masa uji coba selama

    tiga bulan, mencatat

    lebih dari 6.800 panggilan masuk. Dari jumlah tersebut, 1.026 panggilan

    berhasil ditangani

    dengan respons cepat, termasuk kasus kehilangan warga yang diselesaikan hanya

    dalam waktu

    tiga jam.

    Dengan beroperasinya layanan 112 Bengkalis, JAST menegaskan komitmennya dalam

    mendukung transformasi digital pemerintahan di berbagai daerah di Indonesia,

    khususnya dalam

    pengembangan layanan publik berbasis komunikasi terpadu dan sistem tanggap

    darurat nasional.

    Tentang JasCall

    JasCall adalah solusi Cloud Contact Center dari JAST yang dirancang untuk

    membantu instansi

    pemerintah dan perusahaan membangun pusat layanan pelanggan modern, efisien,

    dan

    terintegrasi. Dengan kemampuan omnichannel, pelaporan real-time, serta

    keamanan data tingkat

    tinggi, JasCall menjadi pilihan utama dalam mendukung transformasi digital

    komunikasi di

    berbagai sektor. (end)