BCA Sekuritas
    langen
    Daily News

    KETIKA BYD DALAM MASA SULIT, PENJUALAN XPENG JUSTRU MENINGKAT

    Published On

    01 September 2025

    24341759

    IQPlus, (1/9) - Di tengah masa sulit BYD di puncak pasar kendaraan energi baru Tiongkok, pemain lain yang lebih kecil justru melampaui target penjualan mereka dengan memanfaatkan permintaan mobil yang lebih murah.

    Xpeng melaporkan pengiriman year-to-date sebanyak 271.615 unit pada hari Senin (1 September), lebih dari tiga kali lipat jumlah mobil yang terjual dalam delapan bulan pertama tahun 2024. Salah satu alasan utamanya adalah peluncuran model MONA M03 pada bulan Agustus lalu, yang dimulai dengan harga hanya 119.800 yuan.

    Kendaraan listrik (EV) entry-level ini bersaing dengan model-model pasar massal dari BYD dan Geely Automobile Holdings, tetapi memanfaatkan teknologi cerdas Xpeng yang sangat ternama. Mobil ini dengan cepat menjadi produk terlaris, menyumbang sekitar 40 persen dari penjualan bulanan Xpeng.

    Hal ini berdampak langsung pada peningkatan keuangan Xpeng. Kerugian bersih produsen mobil ini menyempit di kuartal kedua, sementara margin kotor meningkat menjadi 17,3 persen. Dalam panggilan pendapatan bulan lalu, Chairman dan CEO He Xiaopeng mengatakan bahwa produsen kendaraan listrik tersebut memperkirakan pengiriman bulanan akan secara konsisten melebihi 40.000 unit mulai September.

    Xpeng juga akan menerima dorongan dari sedan P7 yang baru diperbarui, yang diluncurkan minggu lalu. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 2020, pembaruan ini diharapkan "memulai percepatan siklus produk," tulis analis HSBC Holdings yang dipimpin oleh Yuqian Ding.

    Di luar lini produknya sendiri, Xpeng mengamankan aliran pendapatan baru melalui kemitraan strategis. Pada 14 Agustus, Xpeng dan Volkswagen mengumumkan perluasan kolaborasi mereka seputar arsitektur elektronik dan elektrik untuk platform mesin pembakaran dan hibrida plug-in milik produsen mobil Jerman tersebut di Tiongkok. Langkah ini diharapkan dapat menghasilkan pendapatan layanan perangkat lunak tambahan dengan margin yang cukup besar.

    Startup kendaraan listrik lainnya juga meraih pangsa pasar yang lebih besar dibandingkan para pemain besar.

    Zhejiang Leapmotor Technologies melaporkan pengiriman bulanan sebanyak 57.066 kendaraan pada bulan Agustus, meningkat lebih dari 88 persen dibandingkan tahun sebelumnya, menurut sebuah unggahan di akun Weibo resmi perusahaan. Konsumen berbondong-bondong ke ruang pamer untuk mendapatkan model-model terjangkau mereka, seperti B10 dan C10, yang, seperti kendaraan listrik Xpeng, dilengkapi dengan fitur-fitur cerdas.

    Seiring dengan semakin banyaknya merek butik yang mendapatkan momentum, BYD tampaknya terancam gagal mencapai targetnya sendiri untuk 5,5 juta pengiriman tahun ini. Sanford C Bernstein kini memperkirakan angka tersebut akan mencapai 5,1 juta. (end/Bloomberg)