JASNITA DUKUNG INISIATIF DIGITALISASI LAYANAN PUBLIK MELALUI MPPDN
Share via
Terbit Pada
24 September 2025
1758681992761283
IQPlus, (24/9) - Wakil Menteri Komunikasi dan Digitalisasi (Wamenkomdigi) baru-baru ini menegaskan bahwa Mall Pelayanan Publik Digital Nasional (MPPDN) hadir sebagai solusi atas permasalahan penumpukan aplikasi layanan publik di Indonesia. Dengan MPPDN, masyarakat diharapkan dapat mengakses beragam layanan pemerintah secara lebih mudah, cepat, dan terintegrasi dalam satu platform.
Dalam siaran pers JAST (24/9) Langkah ini sejalan dengan mandat Kementerian Komunikasi dan Digitalisasi (Komdigi) melalui Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Mandat tersebut mencakup pengelolaan pusat data nasional, jaringan intra-pemerintah, serta sistem perhubung layanan pemerintah.
Dengan keterpaduan SPBE, layanan publik dapat menjadi lebih transparan, efisien, sekaligus membangun kepercayaan publik terhadap birokrasi digital. Sebagai perusahaan penyedia solusi komunikasi dan digitalisasi layanan publik, PT Jasnita Telekomindo Tbk (JAST) menyambut baik langkah strategis ini. JAST menilai MPPDN selaras dengan misi perusahaan dalam menghadirkan layanan digital terintegrasi bagi pemerintah pusat maupun daerah.
Komitmen JAST untuk Mendukung MPPDN
JAST telah memiliki beragam produk dan layanan yang dapat memperkuat implementasi MPPDN, antara lain:
. Cloud Contact Center . solusi komunikasi terpadu yang memungkinkan masyarakat mengakses informasi layanan publik melalui telepon, WhatsApp, email, dan media sosial dalam satu dashboard.
. Omnichannel Platform . mendukung integrasi berbagai kanal komunikasi agar masyarakat dapat terhubung dengan layanan publik secara seamless.
. Digital Customer Experience (CX) Solutions . menghadirkan pengalaman pelayanan publik yang lebih cepat, responsif, dan transparan melalui teknologi chatbot, voicebot, dan AI analytics.
. Layanan Call Center 112 . solusi panggilan darurat nasional yang membantu pemerintah daerah dalam menyediakan akses cepat dan terkoordinasi untuk penanganan keadaan darurat.
. Managed Services . membantu instansi pemerintah dalam mengelola infrastruktur IT dan komunikasi agar tetap andal, aman, serta efisien.
Mendukung Transformasi Digital Pemerintah
Visi JAST adalah .Membangun ekosistem digital dan komunikasi cerdas dengan AI, IoT, dan jaringan memberdayakan command center dan layanan terhubung.. Dengan mengusung visi ini, JAST percaya transformasi digital sektor publik bukan hanya soal efisiensi birokrasi, tetapi juga tentang menghadirkan pelayanan yang inklusif, transparan, dan membangun kepercayaan publik.
Dengan menggabungkan inovasi teknologi komunikasi, AI, dan pengalaman panjang dalam mendukung digitalisasi instansi pemerintah, JAST optimis dapat berkontribusi nyata dalam menyukseskan MPPDN sebagai bagian dalam Indonesia Digital 2045. (end)
Riset Terkait
Berita Terkait