BCA Sekuritas
    langid
    Berita Harian

    INJOURNEY TEMBUS POSISI 43 PERUSAHAAN TERBESAR INDONESIA

    Terbit Pada

    22 September 2025

    1758525135781031

    IQPlus, (22/9) - PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney sukses masuk daftar bergengsi Fortune Indonesia 100 untuk capaian kinerja tahun 2024.

    Meski baru berdiri 3,5 tahun, holding BUMN pariwisata dan aviasi ini langsung menempati peringkat 43 perusahaan dengan pendapatan terbesar di Indonesia.

    Sepanjang 2024, InJourney mencatat pertumbuhan pendapatan signifikan sebesar 27,8% menjadi Rp30,539 triliun.

    Tak hanya itu, laba bersih perusahaan juga melesat 119,4% hingga mencapai Rp2,492 triliun.

    Direktur Utama InJourney, Maya Watono menyebut capaian ini merefleksikan keberhasilan transformasi bisnis dan finansial InJourney dalam tiga tahun terakhir.

    "InJourney lahir dari penggabungan BUMN-BUMN untuk membentuk ekosistem pariwisata yang sehat dan berkelanjutan. Sejak awal pembentukannya, InJourney menempatkan perbaikan fundamental bisnis sebagai prioritas. Dengan fundamental yang kuat dan kokoh, InJourney kini berhasil mencapai sejumlah milestone, termasuk dengan masuknya InJourney ke dalam Fortune Indonesia 100," kata Maya Watono.

    Fundamental bisnis menjadi kunci transformasi InJourney.

    Langkah pertama yang dilakukan adalah melakukan review atas fundamental bisnis dan penyehatan finansial di seluruh anak usaha InJourney.

    "Strategi tersebut membuahkan hasil karena pada tahun 2024, untuk pertama kalinya seluruh enam kluster bisnis InJourney membukukan kinerja keuangan yang hijau," tambah Maya Watono.

    Kinerja keuangan yang solid berhasil dibukukan, dan pada saat yang sama InJourney tetap melaksanakan dua peran strategisnya yakni sebagai pencipta nilai (value creation) dan agen pembangunan (agent of development).

    Peran strategis tersebut menjadikan InJourney sebagai agen yang dapat memberikan manfaat nyata bagi perekonomian dan juga masyarakat Indonesia.

    Sustainability menjadi salah satu pilar transformasi InJourney.

    Sejalan dengan tren global, InJourney juga menjadikan ESG (environmental, social, governance) sebagai pondasi strategis.

    Upaya-upaya keberlanjutan telah diterapkan di berbagai lini bisnis InJourney mulai dari destinasi pariwisata di bawah pengelolaan InJourney, bandara, hospitality, hingga sektor ritel.

    "Kami meyakini bahwa sustainability tourism merupakan masa depan. InJourney kini sudah berada pada jalur untuk menuju ke sustainability tourism, melalui pengembangan kompleks-kompleks pariwisata yang terintegrasi dan berkesinambungan," tambah Maya Watono.(end)