BCA Sekuritas
    langid
    Berita Harian

    INDONESIA SIAP IKUTI CAEXPO 2025 DI TIONGKOK

    Terbit Pada

    16 September 2025

    1757990807884974

    IQPlus, (16/9) - Indonesia siap kembali berpartisipasi dalam China-ASEAN Expo (CAEXPO) ke-22 yang akan diselenggarakan pada 17-21 September 2025 di Nanning International Convention and Exhibition Center (NICEC), Nanning, Tiongkok.Kali ini, Indonesia tampil dengan konsep baru yang lebih besar dan strategis, menghadirkan tiga paviliununggulan, yaitu Paviliun Komoditas, Paviliun Nasional, dan Paviliun Kecerdasan Buatan. Sebanyak 84 pelaku usaha Indonesia dari berbagai sektor akan ambil bagian dalam pameran tersebut.

    Dalam siaran pers Kemendag (16/9) Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI Fajarini Puntodewi menyatakan, partisipasiIndonesia di CAEXPO 2025 merupakan wujud nyata dari upaya berkelanjutan dalam meningkatkan ekspor dan menarik investasi strategis.

    "Keikutsertaan Indonesia pada CAEXPO 2025 merupakan langkah strategis untuk menampilkan potensi nasional, mendorong ekspor, dan menarik investasi dari mitra dagang kawasan. Tahun ini, kami memperbesar skala partisipasisekaligusmerambah sektor baru yang menunjukkan kemajuan ekonomi digital Indonesia,"ujar Puntodewi.

    Ia optimistis partisipasi tahun ini akan menghasilkan capaian yang lebih signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

    "Kami yakin upaya ini akan membuka lebih banyak peluang konkret bagi pelaku usaha nasional,"ungkapnya.

    Sejumlah pelaku usaha yang turut ambil bagian dalam pameran ini, antara lain,PT Rahayu Alam Arto denganproduk kopi, Jember Fashion Carnaval dengan produk fesyen, PT Inti Alam Andalas denganproduk rempah dan hasil laut, PT Metro Impex Makmur dengan berbagai produk turunan kelapa, serta PT Amora Walet Indonesia denganproduk sarang burung walet.

    Sementara itu, Direktur Pengembangan Ekspor Produk Primer Kemendag MiftahFarid yang juga menjadi Pimpinan Delegasi RI dalam CAEXPO tahun inimenjelaskan, fokus utama partisipasi adalah memberikan panggung seluas-luasnya bagi para eksportir Indonesia untuk menjangkau pasar internasional.Ia menyebutkan, tahun ini Indonesiamenonjolkan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI)sebagai salah satu kekuatan baru ekonomi Indonesia.

    Miftah mengatakan, konsep tiga pavilion dengan berbagai temaditonjolkan tahun inidengan menempati area seluas 3.044 meter persegi. Pertama, ada Paviliun Komoditas seluas 2.900 meter persegi atau menempati area lebih luas dibandingpameran sebelumnya yang seluas 2.160 meter persegi.

    Pertambahan luas paviliun memungkinkan jumlah pelaku usaha yang berpartisipasi lebih banyak dari tahun sebelumnya. Paviliun ini akan memamerkan beragam produk unggulan Indonesia, mulai dari makanan dan minuman olahan, fesyen dan aksesori, hingga produk dekorasi rumah dan gaya hidup yang siap menembus pasar global. (end)