FORD LUNCURKAN KAMPANYE IKLAN BARU DI TENGAH KETIDAKPASTIAN INDUSTRI
Share via
Published On
10 September 2025
1757478697982375
IQPlus, (10/9) - Ford pada hari Rabu meluncurkan kampanye iklan baru yang menurut perusahaan akan menandai "perubahan mendasar" dalam strategi mereknya dan hadir di tengah industri otomotif yang menghadapi ketidakpastian besar.
Strategi baru produsen mobil ini, yang bertajuk "Ready, Set, Ford", melampaui iklan yang mengutamakan kendaraan, kata Ford, dan justru berfokus pada orang-orang yang membeli mobilnya. Strategi ini melibatkan empat janji mendasar: kapabilitas, semangat, komunitas, dan kepercayaan.
Industri otomotif menghadapi persimpangan jalan yang krusial karena perusahaan-perusahaan menghadapi tarif Presiden Donald Trump dan penurunan belanja konsumen secara keseluruhan. Meskipun terdapat ketidakpastian dengan berbagai tarif sektoral, tarif otomotif Trump kurang lebih tetap tidak berubah, dengan pengenaan tarif sebesar 25% untuk mobil dan suku cadang mobil impor.
Waktu tersebut, menurut Chief Marketing Officer Ford, Lisa Materazzo, memang disengaja.
"Industri otomotif sedang berada di tengah disrupsi bersejarah. Kami beruntung karena Ford memiliki sejarah 122 tahun yang luar biasa untuk dimanfaatkan,. ujarnya. .Oleh karena itu, kami merasa tidak ada waktu yang lebih baik untuk memperkuat komitmen kami terhadap merek dan konsumen kami selain sekarang".
Materazzo mengatakan perusahaan telah melakukan riset ekstensif sebelum peluncuran, dan menemukan tema umum berupa ketidakpastian dan kecemasan dari konsumen karena berbagai faktor, termasuk iklim politik dan ekonomi.
"Hal lain yang kami temukan adalah konsumen ternyata sangat optimis dan tangguh, terutama ketika mereka merasa berdaya, dan mereka mencari merek yang membantu mereka menavigasi ketidakpastian ini," ujarnya.
Ford telah lama mempertahankan akar Amerikanya dan menyatakan diri sebagai "produsen mobil paling Amerika." Identitas itu kini krusial bagi merek Ford, ujar Materazzo, dan dibangun berdasarkan kampanye "Amerika untuk Amerika" yang menawarkan harga khusus karyawan kepada semua konsumen segera setelah tarif pertama kali diumumkan.
Strategi baru ini bertujuan untuk memanfaatkan merek ikonis Ford sekaligus menandakan bahwa perusahaan mobil tersebut memasuki era baru, ujar Materazzo. Strategi ini akan menyatukan semua merek global Ford untuk pertama kalinya dalam beberapa dekade di bawah kampanye baru ini, yang memungkinkan perusahaan untuk "mewakili diri kami secara konsisten di seluruh dunia," tambahnya.
"Pada kuartal pertama tahun 2026, semua pasar global kami akan berada di pasar dengan slogan 'Siap, Siap, Ford,'" kata Materazzo. "Sebagian besar dari mereka akan melakukannya pada kuartal keempat tahun ini."
Peluncuran perdana iklan ini dimulai bersamaan dengan pertandingan Thursday Night Football minggu ini, seiring produsen mobil ini menyesuaikan diri dengan musim NFL, salah satu penghasil uang terbesar untuk iklan menjelang Super Bowl.
Selama pandemi Covid, industri otomotif mengurangi anggaran iklan dan pemasaran secara signifikan karena menghadapi masalah rantai pasokan yang membuat perusahaan kekurangan kendaraan untuk dijual. Banyak produsen mobil kembali beriklan selama musim NFL tahun lalu karena tingkat persediaan kendaraan kembali normal.
Meskipun kondisi makro menunjukkan ketidakpastian, Materazzo mengatakan perusahaan tetap fokus untuk terus melanjutkan warisannya dan berinvestasi pada mereknya. (end/CNBC)
Related Research
News Related