DISNEY ESPN AKAN AKUISISI ASET MEDIA NFL
Share via
Terbit Pada
06 August 2025
21729127
IQPlus, (6/8) - Walt Disney's. ESPN telah mencapai kesepakatan penting dengan National Football League (NFL) untuk mengakuisisi NFL Network dan aset media lainnya dari liga tersebut dengan imbalan NFL mengambil 10% saham ekuitas di jaringan olahraga tersebut, ungkap kedua belah pihak pada hari Selasa.
Kesepakatan ini, yang menurut ESPN akan meningkatkan penawaran pada layanan streaming ESPN yang akan datang, masih menunggu persetujuan regulator. Ketentuan keuangan tidak diungkapkan.
ESPN juga akan mengakuisisi NFL Fantasy, sebuah layanan digital, dan akan mendapatkan hak untuk mendistribusikan saluran televisi NFL RedZone kepada pelanggan televisi kabel dan satelitnya.
"Pengumuman hari ini membuka jalan bagi merek media olahraga terkemuka di dunia dan olahraga terpopuler di Amerika untuk menghadirkan pengalaman yang lebih menarik bagi para penggemar NFL, dengan cara yang hanya dapat dilakukan oleh ESPN dan Disney," ujar CEO Disney, Robert Iger, dalam sebuah pernyataan.
The Athletic, yang pertama kali melaporkan minggu lalu bahwa kesepakatan akan segera tercapai, mengatakan bahwa kesepakatan tersebut berpotensi bernilai miliaran dolar, menurut beberapa sumber. ESPN menolak berkomentar mengenai angka yang dilaporkan.
Layanan streaming ESPN, yang menurut Iger dapat diluncurkan paling cepat bulan ini, akan dikenakan biaya $29,99 per bulan. Layanan ini akan menyediakan akses ke portofolio olahraga profesional dan perguruan tinggi ESPN, termasuk NFL, NBA dan WNBA, MLB dan Kejuaraan Bola Basket Wanita NCAA, serta acara studio seperti "SportsCenter" dan "Pardon the Interruption."
"Dengan menggabungkan aset media NFL ini dengan jangkauan dan inovasi ESPN, kami menciptakan destinasi utama bagi para penggemar sepak bola," ujar Ketua ESPN, Jimmy Pitaro, dalam sebuah pernyataan.
Liga meluncurkan NFL Network pada tahun 2003, untuk memanfaatkan pendapatan yang dihasilkan oleh langganan kabel dan satelit. Meskipun mendapatkan daya tarik, dengan memperkenalkan Thursday Night Football, NFL Network tidak pernah berkembang menjadi pesaing ESPN. (end/Reuters)