BLUE BIRD PERLUAS LAYANAN TAKSI DI SOLO PERKUAT MOBILITAS-PARIWISATA
Share via
Terbit Pada
01 December 2025
33427652
IQPlus, (1/12) - PT Blue Bird Tbk (BIRD) memperluas layanan taksi di Solo, Jawa Tengah dengan menyediakan armada transportasi terstandardisasi dan mudah diakses untuk memperkuat mobilitas dan konektivitas serta pariwisata di daerah tersebut.
"Bluebird Group resmi menghadirkan layanan taksi di Kota Solo, memperluas akses mobilitas ke salah satu kota dengan pertumbuhan ekonomi yang positif di Jawa Tengah," kata Direktur Utama Bluebird Adrianto Djokosoetono dalam keterangan di Jakarta, Minggu.
Andre sapaan akrab Direktur Utama Bluebird Adrianto Djokosoetono menyampaikan pihaknya hadir di Solo bekerja sama dengan Koperasi Sopir Transportasi (Kosti) Solo. Daerah itu menjadi kota kedua yang disasar Bluebird di provinsi Jawa Tengah setelah Semarang.
Menurutnya, kerja sama dengan Kosti merupakan bagian dari program kemitraan yang memungkinkan operator taksi lokal tetap bertahan, bahkan berkembang bersama melalui pelatihan layanan, pendampingan operasional, dan penerapan standar kualitas Bluebird.
"Ekspansi ke Solo adalah langkah penting dalam strategi pertumbuhan regional kami dan kolaborasi menjadi kunci," ujarnya.
Ia menambahkan, kehadiran Bluebird di Solo menandai langkah baru bagi perusahaan yang kini beroperasi di 21 kota di Indonesia, memperluas akses layanan mobilitas yang aman, nyaman, dan memberdayakan komunitas.
Sementara itu, Wali Kota Surakarta Respati Ardi menilai kehadiran Bluebird di Solo sejalan dengan karakter mobilitas kota yang dinamis.
Sebagai kota budaya, destinasi bisnis dan wisata yang terus berkembang, arus perjalanan di Solo meningkat signifikan terutama pada akhir pekan, musim liburan, serta periode agenda budaya.
Dia menyatakan, di tahun 2025, Pemerintah Kota Surakarta menargetkan 3,675 juta kunjungan wisatawan, tumbuh sekitar lima persen dari estimasi tahun sebelumnya, mencerminkan tingginya kebutuhan moda transportasi jarak pendek, menengah yang dapat diandalkan.
"Kami menyambut baik hadirnya Bluebird sebagai bagian dari upaya memperkuat jaringan mobilitas Solo," ujar Wali Kota.
Menurutnya, seluruh layanan yang terstandardisasi dan mudah dijangkau akan melengkapi pilihan transportasi bagi masyarakat dan wisatawan, sekaligus memastikan setiap perjalanan tetap aman, nyaman, dan mendukung konektivitas.
Selain itu, Respati menilai dengan Bluebird menggandeng Kosti Solo sebagai mitra lokal maka perusahaan dapat membangun layanan yang relevan dengan karakteristik perjalanan masyarakat di daerah itu.
"Kolaborasi ini memadukan standardisasi operasional Bluebird dengan peran kuat Kosti dalam ekosistem transportasi lokal, sehingga pengemudi lokal tetap berdaya dan mampu tumbuh seiring meningkatnya kebutuhan mobilitas kota," tuturnya.
Ketua Pengurus Kosti Solo Bernadus Sigit Sugiarto menilai kemitraan tersebut memperkuat stabilitas operasional Kosti melalui peningkatan akses penumpang, pemanfaatan teknologi pemesanan, serta dukungan layanan yang menjaga daya saing pengemudi lokal.
"Pengemudi kami juga merasakan manfaat nyata dari pelatihan yang membantu mereka lebih siap6y bersaing dan memberikan pengalaman perjalanan yang lebih baik bagi pelanggan," ujarnya.
Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Feni Novida S turut menyampaikan dukungan atas hadirnya Bluebird di Solo karena dapat memperkuat konektivitas perjalanan penumpang dengan dukungan pangkalan di stasiun, hotel, pusat perbelanjaan, rumah sakit, dan berbagai titik mobilitas utama.
"Kehadiran Bluebird sebagai mitra transportasi di stasiun membantu memperkuat konektivitas perjalanan penumpang kereta dengan tersedianya armada yang terstandarisasi dan mudah diakses," kata Feni. (end/ant)
Riset Terkait
Berita Terkait
