BCA Sekuritas
    langid
    Berita Harian

    BANTU MASYARAKAT KELOLA UANG, BANK JAGO CATAT PERTUMBUHAN KONSISTEN

    Terbit Pada

    11 September 2025

    1757572912455950

    IQPlus, (11/9) - PT Bank Jago Tbk menegaskan kembali komitmennya untuk mendorong pertumbuhan bisnis berkelanjutan melalui inovasi produk dan fitur keuangan digital yang dirancang untuk membantu masyarakat mengelola uang. Dalam Public Expose Live 2025 manajemen bank berbasis teknologi ini memaparkan perkembangan inovasi tersebut sekaligus pencapaian kinerja dan pertumbuhan nasabah di 2025.

    Direktur Bank Jago Supranoto Prajogo menyampaikan bahwa pencapaian Bank Jago tidak lepas dari kepercayaan jutaan nasabah yang menggunakan produk dan fitur Aplikasi Jago untuk mengelola keuangan pribadi maupun usaha mereka. "Kami percaya pertumbuhan yang berkelanjutan bisa tercapai jika produk dan layanan yang kami hadirkan benar-benar memberikan nilai tambah bagi nasabah," ujarnya.

    Sejak 2020 Bank Jago membangun fondasi dengan menyiapkan kapasitas dan kapabilitas Aplikasi Jago. Untuk mempermudah pengelolaan keuangan, Aplikasi Jago memiliki unique value proposition pada fitur Kantong (Pockets) yang dapat memisahkan uang ke dalam pos-pos yang berbeda sesuai kebutuhan dan keinginan keuangan nasabah, seperti menabung, bertransaksi, berinvestasi, dan mengambil pinjaman.

    Sepanjang 2025, Bank Jago melengkapi Aplikasi Jago dengan meluncurkan fitur Kantong Valuta Asing untuk nasabah menabung dan bertransaksi dalam valuta asing dan Kartu Digital Pro (Digital Pro Card) secara bertahap yang merupakan kartu debit Visa digital untuk mendukung pelaku usaha. Selain itu Bank Jago juga meluncurkan fitur baru yang berkolaborasi dengan mitra ekosistem, seperti GoPay Deposito by Jago serta pembuatan dan penarikan saldo rekening dana nasabah (RDN) instan untuk mitra broker, termasuk Bibit dan Stockbit.

    "Bank Jago ingin membantu orang untuk menempatkan uang sesuai tujuannya masing-masing dan mempermudah pengelolaan uang tersebut dengan Aplikasi Jago. Kami fokus untuk menciptakan solusi keuangan digital yang terus relevan bagi masyarakat Indonesia," kata Supranoto.

    Strategi inovasi dan kolaborasi yang dilakukan Bank Jago tercermin pada kinerja positif sepanjang semester I-2025. Per Juni 2025 total nasabah Bank Jago mencapai 17,2 juta, termasuk 13,7 juta nasabah funding pengguna Aplikasi Jago dan Jago Syariah. Jumlah pengguna Aplikasi Jago dan Jago Syariah bertambah lebih dari 3 juta dibandingkan posisi yang sama tahun lalu yang sebanyak 10 juta nasabah.

    Pertumbuhan jumlah nasabah funding sejalan dengan penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) Bank Jago yang mencapai Rp22,4 triliun sampai dengan akhir Juni 2025. Pencapaian ini meningkat 51% dibandingkan dengan posisi Juni 2024 sebesar Rp14,8 triliun. Dari sisi pembiayaan Bank Jago berhasil membukukan kredit sebesar Rp21,4 triliun sampai dengan akhir Juni 2025 atau tumbuh 37% dibandingkan dengan posisi akhir Juni 2024 sebesar Rp15,7 triliun. Seluruh penyaluran kredit dilakukan dengan mengedepankan prinsip kehati-hatian tercermin dari rasio kredit bermasalah atau non-performing loan (NPL) gross yang rendah di level 0,3% atau di bawah rata-rata NPL perbankan nasional.

    Supranoto menjelaskan bahwa dalam penyaluran kredit Bank Jago tetap mengandalkan strategi kolaborasi dengan berbagai mitra (partner), seperti ekosistem dan platform digital, perusahaan pembiayaan, dan lembaga keuangan lainnya. Bank Jago juga mencermati kebutuhan nasabah akan pembiayaan yang masih besar sehingga mulai menawarkan pinjaman langsung berbasis aplikasi.

    "Bank Jago tidak hanya fokus pada pertumbuhan bisnis tetapi juga memperluas akses dan literasi keuangan digital bagi masyarakat. Dengan aspirasi untuk meningkatkan kesempatan tumbuh berjuta orang melalui solusi keuangan digital yang berfokus pada kehidupan, kami ingin semakin banyak orang yang bisa mengelola keuangannya dengan cara mudah dan cerdas serta mencapai tujuannya," pungkasnya. (end)