BCA Sekuritas
    langid
    Berita Harian

    BANK SAMPOERNA SALURKAN PINJAMAN Rp1,9 TRILIUN LEWAT LAYANAN PDAJA.COM

    Kategori

    Ekonomi Bisnis

    Terbit Pada

    26 November 2025

    32957030

    IQPlus, (26/11) - PT Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) mencatat penyaluran pinjaman melalui layanan digital PDaja.com hingga saat ini telah mencapai lebih dari Rp1,9 triliun yang diberikan kepada lebih dari 1.051 nasabah, dengan sekitar 800 pinjaman yang masih aktif.

    Pertumbuhan ini, menurut perseroan, didukung oleh lebih dari 1.800 mitra bisnis individu dan 35 mitra koperasi di berbagai wilayah Indonesia.

    Direktur ESME Business Bank Sampoerna Rudy Mahasin dalam keterangan di Jakarta, Rabu, menegaskan bahwa PDaja.com merupakan langkah strategis perusahaan dalam memperluas inklusi keuangan dan memberikan pengalaman digital yang efisien bagi nasabah.

    "Kami memahami bahwa kecepatan dan kepastian merupakan kebutuhan utama nasabah saat ini. Karena itu, kami memperbarui PDaja.com agar tidak hanya menjadi platform pengajuan pinjaman, tetapi juga sebagai alat bantu yang memberikan transparansi, edukasi, dan kenyamanan dalam proses pembiayaan," kata Rudy.

    Lending Center Divison Head Bank Sampoerna Hendra Setiawan menjelaskan bahwa PDaja.com merupakan wujud nyata komitmen Bank Sampoerna dalam memberikan solusi finansial yang mudah, cepat, dan transparan.

    Layanan tersebut berorientasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang menjadi nasabah dalam mengakses pinjaman Bank Sampoerna secara digital, sehingga dapat dimanfaatkan dalam setiap tahap kehidupan.

    Hendra mengatakan, banyak orang merasa ragu untuk mengajukan kredit, karena tidak tahu apakah mereka memenuhi syarat atau berapa besar kewajiban yang harus dibayar.

    Kini, melalui website PDaja.com, masyarakat bisa melakukan self-assessment secara mandiri dan mendapatkan pre-approval begitu selesai mengisi formulir ajukan pinjaman.

    "Kami seringkali bertanya kepada pelaku UMKM, apa kendala mereka dalam mengakses layanan kredit dari perbankan. Menurut mereka proses pengajuan kreditnya lama dan dokumen yang dibutuhkan banyak. Setelah mengumpulkan dokumen dan ditunggu cukup lama, ternyata pengajuan tidak dapat disetujui. PDaja.com hadir untuk memberikan solusi atas kendala ini," ujar Hendra.

    Dengan layanan berbasis website, masyarakat dapat mengetahui apakah dengan data yang dimiliki, pengajuan kreditnya dapat disetujui atau tidak.

    Cukup dengan mengisi self-assesment lima menit, termasuk memasukkan geotagging jaminan yang dimiliki, masyarakat dapat memperoleh persetujuan awal yang berisi plafon indikatif berapa nominal pinjaman yang dapat disetujui.

    Setelah mendapatkan persetujuan awal ini, mereka dapat mengirimkan dokumen untuk diverifikasi oleh petugas bank apakah sesuai dengan self-assesment yang telah diisi sebelumnya. Jika sesuai, maksimal dalam dua minggu kredit sudah dapat dicairkan.

    Dengan proses yang sepenuhnya digital, masyarakat dapat memperoleh gambaran kemampuan finansial mereka sebelum melanjutkan ke tahap pengajuan resmi.

    "Fitur ini membantu orang mengambil keputusan lebih tepat sejak awal, sekaligus mempercepat proses persetujuan," kata Hendra pula.

    Sebagai bentuk fleksibilitas bagi calon debitur, Bank Sampoerna juga menyediakan fasilitas plafon rekening koran (PRK), pinjaman angsuran, maupun pinjaman tetap yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan cashflow nasabah. Jaminan yang diterima adalah rumah, ruko, apartemen, atau gudang.

    Masyarakat dapat mengajukan pinjaman secara online melalui PDaja.com untuk berbagai kebutuhan baik konsumtif maupun produktif tanpa harus melalui proses panjang. (end/ant)