BANK MANDIRI RAIH PENGHARGAAN INDONESIA CUSTOMER EXPERIENCE OF THE YEAR
Share via
Terbit Pada
06 October 2025
1759719707647285
IQPlus, (6/10) - Bank Mandiri kembali menorehkan prestasi gemilang dengan meraih penghargaan .Indonesia Customer Experience of the Year. dalam ajang Asian Experience Awards 2025.
Penghargaan bergengsi ini mempertegas posisi Bank Mandiri sebagai institusi keuangan yang konsisten menghadirkan pengalaman perbankan terbaik melalui ekosistem digital terintegrasi.
Senior Executive Vice President (SEVP) Information Technology Bank Mandiri, Susilo Hardiyantono, mengungkapkan bahwa capaian ini merupakan hasil dari percepatan inovasi, sinergi lintas unit, serta komitmen kuat perusahaan untuk terus memberikan nilai tambah bagi nasabah.
Ia menuturkan bahwa layanan digital Bank Mandiri kini telah mampu menjangkau berbagai segmen masyarakat, mulai dari individu, korporasi, hingga pelaku UMKM, melalui solusi yang menyeluruh dan mudah diakses.
Melalui Livin. by Mandiri, super-app dengan lebih dari 150 fitur, Bank Mandiri berhasil mentransformasi layanan perbankan ritel di Indonesia.
Beragam fitur unggulan seperti pembukaan rekening menggunakan SIM card internasional, tabungan multi-currency, hingga investasi saham langsung dalam aplikasi menjadikan Livin. semakin relevan dengan kebutuhan pengguna modern.
Tak hanya itu, personalisasi berbasis Artificial Intelligence (AI) turut memperkaya pengalaman pengguna melalui fitur Pre-Login dan Homescreen Livin. yang menampilkan pesan, pengingat, serta rekomendasi produk yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap nasabah.
Inovasi tersebut juga diikuti dengan hadirnya program Livin. Network Challenges, sebuah gamifikasi interaktif dengan sistem poin, voucher, badge, dan avatar untuk membuat interaksi digital semakin menarik.
Selain itu, Bank Mandiri juga menghadirkan penawaran eksklusif bagi nasabah payroll guna memperkuat engagement dan retensi pelanggan.
Melalui fitur Livin. Ads on Receipt, pengguna mendapatkan penawaran dan edukasi produk yang dipersonalisasi berdasarkan lokasi, preferensi, serta riwayat transaksi.
Hingga akhir Juni 2025, aplikasi Livin. by Mandiri telah digunakan oleh lebih dari 32,9 juta pengguna, tumbuh 27% secara tahunan (YoY), dengan nilai transaksi mencapai Rp 2.097 triliun, meningkat 11% dibandingkan tahun sebelumnya.
Sementara itu, Kopra by Mandiri memperkuat segmen wholesale banking dengan menghadirkan solusi cash management, trade, dan value chain yang komprehensif.
Transformasi antarmuka UI/UX dilakukan untuk menyederhanakan proses transaksi nasabah sekaligus meningkatkan efisiensi.
Fitur personalisasi seperti kustomisasi dashboard dan rekomendasi biller berbasis industri turut menambah kenyamanan pengguna.
Hasilnya, nilai transaksi Kopra melonjak menjadi Rp 12.170 triliun, meningkat 22% YoY, dengan frekuensi transaksi mencapai 706 juta, atau naik 14% YoY.
Bank Mandiri juga memanfaatkan Generative AI sebagai pendorong sekaligus produksi konten untuk nasabah.
Teknologi ini telah menjangkau 27 juta pengguna di berbagai kanal komunikasi dan terbukti meningkatkan take-up rate hingga 1,7 kali, mempercepat produksi konten tiga kali lebih cepat, serta memperluas distribusi ke platform seperti YouTube, TikTok, Instagram, dan Livin..
Hingga kini, lebih dari 300 aset konten berhasil diproduksi untuk mendukung lebih dari 30 produk Livin".
Tak kalah penting, Livin. Merchant menjadi motor penggerak digitalisasi UMKM Indonesia.
Sekitar 60% penggunanya berasal dari luar kota besar, dengan fitur unggulan seperti multi-outlet, integrasi F&B, pemesanan lewat QR Table, hingga distributor ordering yang terhubung langsung dengan pemasok.
Susilo menegaskan bahwa penghargaan ini merupakan validasi bahwa strategi digitalisasi Bank Mandiri telah berjalan di jalur yang tepat.
"Kami ingin memastikan setiap interaksi nasabah berlangsung lebih mudah, aman,dan personal, sehingga pengalaman perbankan benar-benar memberi nilai tambah," ujarnya. (end)
Riset Terkait
Berita Terkait